Kamis, 22 Juli 2010


Becak Perpustakaan Keliling
by: Ewik, Eliza, Rani

Becak baru, bukan sembarang becak.. hehehe...
bikinan asli dari Fakultas Psikologi UNAIR Surabaya yang digawangi oleh saya, eliza, dan rani. Kami menyebutnya BPK (Becak Perpustakaan Keliling). BPK berbeda dengan perpustakaan-perpustakaan keliling yang lain.. kenapa, karena kelilingnya cuma ke TK atau ke POS PAUD aja (Pendidikan Anak Usia Dini). BPK diperuntukkan untuk ibu-ibu yang sedang menunggu anaknya yang sedang mengikuti pembelajaran di TK maupun POS PAUD.
Tujuan adanya becak ini simpel, kita pingin ibu-ibu juga memiliki wawasan mengenai tumbuh kembang anak tidak hanya dari pengalaman yang diceritakan secara turun menurun namun juga didukung oleh teori tentang tumbuh kembang anak. Teori-teori ini kita sajikan melalui buku-buku perkembangan dan buku tentang pola asuh anak.
Jadi di becak ini, hanya tersedia tentang buku untuk ibu-ibu, buku resep makanan, dan buku cerita untuk putra-putrinya.
Awalnya ide ini muncul akibat adanya suatu tugas mata kuliah yang menuntut semua mahasiswanya bikin semacam penelitian gitu dengan hadiah, bagi siapa yang idenya unik dan original akan diwujudkan dan didanai oleh fakultas. Kata-kata "pendanaan" awalnya yang bikin kita semangat buat ngedapetin hadiah itu. Alhasil timbul deh ide ini awalnya dicetus oleh kakak kelas kami, setelah kami pikir-pikir, kami buat proposal penelitan, dan.... Alhamdulillah, becak kami akhirnya didanai oleh fakultas dan jadilah BPK ini.
Penuh problematika dari awal sampe nih becak bener-bener jalan, hehe... Dari mulai nyari buku, nyari sponsor karena dananya kurang (kita beli becak) sampe bingung nyari tempat buat ngendon si becak. :)
Tapi, usaha kami ga sia-sia, kami pengen becak ini terus jalan, kami ingin, banyak ibu-ibu yang jatuh hati sama BPK kami (amiin... ). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar